Kamis, 20 November 2014

[Koleksi] Seri KKPK

Buku : Seri Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK)

Penerbit : DAR Mizan

Genre : Fiksi anak

Anak mana yang tak kenal seri Kecil-Kecil Punya Karya? Rata-rata anak yang suka membaca pasti suka dan mengoleksi seri ini.

Seri KKPK memang terbilang fenomenal. Walau sudah sekitar sepuluh tahunan sejak peluncurannya pertama kali, seri ini masih mendominasi pasar.
Tengoklah ke rak-rak di toko buku, seri ini dipastikan akan memenuhi satu bagian rak strategis. Tidak hanya itu, konon kabarnya dari sisi penjualan pun setiap buku dari seri ini mencatat angka yang fantastis.

Mengapa seri ini demikian populer di kalangan pembaca anak? Salah satu daya tariknya adalah penulisnya pun anak-anak. Mungkin itu yang menyebabkan sang pembaca anak merasa nyaman karena bahasa yang digunakan dan konflik dalam setiap cerita memang khas dunia mereka. Dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik menjadikan seri ini tak pernah surut kepopulerannya.

Bukti kepopuleran lainnya adalah banyaknya follower yang mengusung strategi yang sama. Merekrut penulis anak untuk menulis. Suatu strategi yang tak bisa disalahkan. Malah justru menguntungkan bagi anak-anak yang mempunyai bakat dan keinginan menulis. Kini mereka makin punya banyak kesempatan. Namun justru yang terasa kurang 'elok' adalah meniru mentah-mentah tampilan seri KKPK. Hal yang tentu saja bisa dimaklumi dari segi bisnis tapi miskin kreativitas.

Banyak sudah penulis-penulis yang sudah lahir dari seri ini. Setiap masa selalu ada generasi baru penulis anak. Tentu saja andil penerbit dalam hal ini 'sangat amat banyak' patut diberi jempol. Tak jarang untuk mendapatkan penulis-penulis muda berbakat, penerbit mengadakan talkshow ke sekolah atau ke mall-mall dan toko buku. Selain untuk memperkenalkan para penulisnya, mengangkat angka penjualan tentu saja untuk menjaring penulis-penulis baru. Bahkan kabarnya beberapa tahun terakhir ini mereka juga mengadakan konferensi khusus penulis anak.

Buku-buku seri Kecil-Kecil Punya Karya yang dimiliki Pustaka Prima, antara lain :
1. Hari-hari di Rainnesthood.
2. Asyiknya Outbound
3. I Love Cooking
4. Juara Sejati
5. Chocolate Milk
6. Little Cuties
7. Its My Bedroom
8. Tragedi BEhel
9. Dunia Es Krim
10. Space Fun Park
11. Dunia Caca
12. Beautiful Days
13. Rindu Purnama
14. Princess Cherry
15. Dunia yang Berbeda
16.My Wonderful Holiday
17. Game yang Berbahaya
18. Niha sang Juara.

Koleksi : pribadi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar