Senin, 17 November 2014

[Koleksi] 100 Kisah Setelah Tidur


Judul : 100 Kisah Setelah Tidur

Penulis : Ali Muakhir dan Endang Firdaus

Penerbit : Chillpress

Genre : Fiksi anak / kumpulan cerita.

Membaca judulnya mungkin terasa ada yang mengganjal, Kisah Setelah Tidur. Padahal di masyarakat biasanya ada anggapan bahwa kegiatan membacakan cerita atau dongeng itu sebelum tidur. Pakar pendidikan pun sudah sangat banyak yang sering mengutarakan manfaat dongeng sebelum tidur.

Buku ini seperti mengingatkan para orangtua untuk selalu mendampingi anak, tak hanya di satu momen. Sering kita menyaksikan pada pagi hari. karena kesibukan orangtua, anak-anak justru ditemani kotak ajaib alias TV. Perhatikan saja, selain berita, film kartun menjadi pilihan beberapa stasiun TV di pagi hari. Padahal film yang disajikan tidak selalu sesuai dengan anak.

Situasi lain di pagi hari adalah kesulitan orangtua membangunkan anak. Ada banyak hal yang menyebabkan seorang anak sulit bangun. Selain karena memang waktu tidurnya yang terlambat, mungkin ada faktor psikologis keengganan menghadapi hari.

Bukan rahasia lagi, beban anak saat ini sudah cukup banyak. Mulai dari bersekolah, ekstrakurikuler, les tambahan ataupun situasi pertemanan yang tidak sehat. Ini tentu saja bisa menimbulkan keengganan anak bangun pagi.

Beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan orangtua adalah menciptakan pagi yang ceria. Mulai dari membangunkan dengan nyanyian, memeluk anak atau menyediakan sarapan kegemarannya. Kini mungkin ada satu tambahan ide buat orangtua yaitu membacakan cerita untuk anak.

Karena ketersediaan waktu di pagi hari yang memang terbatas, maka kisah-kisah di buku ini pun kebanyakan disajikan dengan singkat. Selain berupa cerita, juga ada puisi-puisi singkat. Walau demikian, unsur mendidik dan hiburan tetap tersirat dalam setiap cerita. Tak heran karena kedua penulis buku ini terbilang senior dan memang mumpuni dalam dunia penulisan cerita anak.

Yuk, mulai tradisi menyenangkan di pagi hari bersama anak.

Koleksi : pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar