Sabtu, 15 November 2014

[Koleksi] Komik 100 Kebiasaan Nabi

Judul : Komik 100 Kebiasaan Nabi

Penulis dan Komikus : Wawan Kungkang dan Straightedge Dw

Penerbit : Salsabila

Komik selama ini terkadang dipandang sebelah mata. Dianggap sebagai sesuatu yang tidak serius, hanya main-main. Ada pula yang menganggap membaca komik lebih mudah, tak ada tantangan.

Namun komik kini banyak digunakan sebagai media untuk menyampaikan sesuatu yang terasa berat. Hasilnya sesuatu yang tadinya terasa berat, dengan bantuan komik, jadi terasa mudah dan menyenangkan.

Komik banyak digunakan untuk menyampaikan ilmu pengetahuan. Tengoklah beberapa komik yang banyak beredar di toko buku. Sayangnya kebanyakan komik luar negeri yang kemudian dialihbahasakan di Indonesia.

Kini, komik pun digunakan untuk sebagai bahan dakwah. Salah satunya Komik 100 Kebiasaan Nabi ini. Kecenderungan pembaca yang malas membuka buku bertema agama disiasati dengan tampilan komik. Hasilnya pembahasan yang tadinya mungkin terasa menjemukan jadi ringan. Secara tak sadar pembaca mendapatkan hikmah yang diinginkan tanpa merasa didikte.

Pembahasannya pun sederhana. Setiap halaman genap berisi rentetan adegan yang mengacu pada maksud kebiasaan nabi yang sedang dibahas. Pada halaman ganjil di sebelah kanannya, terdapat cuplikan hadits yang berhubungan dengan gambar komik sebelumnya.

Hal yang masih terasa kurang adalah tidak adanya pembagian dari 100 kebiasaan tersebut. Alangkah lebih baiknya jika disajikan per bagian, misalnya kebiasaan nabi dalam urusan sehari-hari (makan/minum/dll), dalam bermuamalat atau saat beribadah.

Kekurangan lainnya adalah tak adanya pengenalan tokoh yang sering muncul dalam komik. Akibatnya penonton kadang harus menebak dahulu tokoh yang dimaksud.

sumber koleksi : pribadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar