Senin, 08 Desember 2014

[Koleksi] Tingkah Laku Juha

Judul : Tingkah Laku Juha; 388 Kisah Jenaka yang Menyentil Keseharian Hidup Kita.

Penulis : Darwisy Juwaidy

Penerbit : Salsabila (Pustaka Al-Kautsar Grup)

Suatu hari Nashiruddin Juha datang di suatu pesta perkawinan dalam keadaan mengenakan baju sederhana. Ternyata sesampainya di sana, tuan rumah tidak begitu mempedulikannya. Demikian pula dengan para pelayan dan tamu-tamu lainnya.

Maka Juha pun pulang berganti baju. Dikenakannya baju terbaik yang dimilikinya. Tak lupa disampirkannya sebuah selendang terindah miliknya.

Begitu memasuki rumah sang empunya hajat, Juha disambut dengan baik. Dia pun mendapatkan pelayanan yang ramah dan menyenangkan. Bahkan makanan terenak di piring terbaik diletakkan di dekatnya. Tuan rumah pun mempersilakan Juha untuk mencicipi makanan tersebut.

Juha mendekatkan makanan tersebut. Makanan diambilnya dan diulurkan pada selendang yang dipakainya. Melihat tingkah anehnya, sang tuan rumah pun bertanya penyebab tingkah tamunya tersebut.

"Bukankah kalian menghormatiku karena pakaian yang kukenakan? Karena itu, aku pun mempersilakan selendangku ini untuk mencicipi hak yang diperuntukkan untuknya."

Cerita di atas adalah salah satu dari cerita yang ada di buku ini. Kisah-kisah sederhana namun penuh hikmah. Mengingatkan kita pada kekhilafan yang kerap tanpa disadari mungkin sering kita lakukan.

Siapakah Nashiruddin Juha? Banyak pendapat simpang siur mengenai tokoh fenomenal dalam kesusastraan Arab ini. Salah satu pendapat menyatakan bahwa Juha kemungkinan merujuk pada salah seorang ulama besar Turki yang hidup di akhir abad ke 14.

Membaca buku ini membuat kita tersenyum dan terhibur. Tak cukup sampai situ, kita pun diajak untuk merenungkan beberapa bagian kehidupan kita. Bahkan tanpa sadar kita pun bisa menemukan pencerahan dari kisah-kisah di dalamnya.

Koleksi : pribadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar